Jumat, 01 April 2011

HASIL TES S2 RSBI AKAN TETAP KELUAR

HASIL TES S2 RSBI AKAN TETAP KELUAR
 
          Terlepas dari Pro dan Kontra tentang RSBI yang sekarang lagi hangat diperbincangkan dipusat, program beasiswa S2 RSBI akan tetap dikeluarkan dan yang lebih melegakan bahwa beasiswa tersebut akan tetap diberikan walaupun nanti program RSBI dibekukan (kemungkinan).
          Seperti yang telah terlaksana pada beberapa saat yang lalu atas dasar surat keputusan dari Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur, diadakan tes beasiswa S2 Twinning Program yang dilakasanakan di UM (Malang) dan UNESA (Surabaya), yang diikuti oleh sekitar 500 guru di Jawa Timur.  Dari sekitar 500 guru tersebut akan diambil 320 guru yang akan mendapatkan kesempatan untuk menempuh pendidikan S2 dikedua universitas yang telah menjalin kerjasama dengan Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur. Lama pendidikan ditempuh dalam waktu 2 tahun, masing-masing 1 tahun di Indonesia dan 1 tahun diluar negeri (Thailan, China dan Philipina)
 
         Antusias para guru dan sekolah RSBI sangat besar sekali mengingat bahwa program ini memberikan dana sebesar 100 juta rupiah per orang selama pendidikan (biaya keterlambatan studi ditanggung oleh mahasiswa). Pihak sekolahpun akan terbantu sekali dengan program ini, ,mengingat salah satu syarat yang wajib dipenuhi oleh RSBI adalah ketercukupan pengajar berkualifikasi S2. Pihak RSBI akan sangat terbantu sekali dengan program ini. Selama ini pihak sekolah RSBI mengeluarkan dana untuk membantu guru-guru yang akan menempuh pendidikan S2 untuk memenuhi persyaratan, dengan beasiswa ini pihak sekolah tidak perlu mengeluarkan biaya karena biaya akan terpenuhi dari Dinas Provinsi Jatim.
         Memang pada kenyataanya, pelaksanaan program ini mulai dari tes sampai pengumuman selalu tertunda. Sedianya tes dilaksanakan pada bulan februari tapi dilaksanakan maret dan pengumuman hasil tes paling akhir  tanggal 29 maret karena pelaksanaan perkuliahan akan dimulai awal april hingga sekarang masih belum keluar. Kabar terkini malah memberitakan bahwa pengumuman akan ditunda sampai bulan MEI. Harapan kita semua berita itu tidak benar karena kepastian pengumuman hasil tes sangat ditunggu oleh banyak pihak.
        Kesabaran memang diperlukan untuk bisa mendapatkan kemajuan. Tapi yang lebih penting terus tidaknya program RSBI, peningkatan kualitas pengajar harus tetap dikejar untuk meningkatkan mutu pendidikan bangsa ini.
        

Tidak ada komentar:

Posting Komentar