Selasa, 12 April 2011

Penerimaan Siswa Baru RSMABI dan Akselerasi SMA 2 Madiun

PENERIMAAN PESERTA DIDIK BARU (PPDB)
SMA NEGERI 2 MADIUN

SMA Negeri 2 Madiun pada tahun pelajaran 2011/2012 menerima 280 siswa, dengan rincian :
1.      Kelas Akselerasi          : 1 Rombel @ 24 Siswa = 24Siswa
2.      Kelas RSBI                   : 8 Rombel @ 32 Siswa = 256 Siswa


I.  KELAS RSBI
A. TAHAP REKRUTMEN PESERTA DIDIK BARU
 Tahap rekrutmen peserta didik baru kelas RSBI di SMA Negeri 2 Madiun direncanakan:  40% nilai tes + 60% nilai UAN. Untuk proporsi penerimaan direncanakan siswa 60% dari dalam kota dan 40% dari luar kota (menunggu perwali PPDB RSBI dan Akselerasi Tahun 2011).
Adapun Tahapan Tes sebagai berikut :
a.    Seleksi Administrasi, meliputi:
1). Nilai Rapor SMP atau MTS Kelas VII s.d IX (semester 1 s.d semester 5) untuk pelajaran Matematika, IPA, IPS, Bahasa Indonesia  dan Bahasa Inggris dengan rata-rata minimal 7,5.
2). Penghargaan Prestasi Akademik
3). Sertifikat dari Lembaga Kursus Bahasa Inggris
b.    Achievement test,  meliputi:
Matematika, IPA, IPS, dan Bahasa Indonesia dengan skor minimal 7 dengan rentang 0 – 10
c.    Tes Kemampuan Bahasa Inggris meliputi:
Reading, Listening, Writing, dan Speaking dengan skor minimal 7 dengan rentang 0 – 10
d.    Lulus test psikologi (Psychotest) meliputi IQ, CQ, TC, dan Kepribadian
e.    Wawancara dengan peserta didik  dan orang tua peserta didik.
f.     Bagi siswa yang mempunyai prestasi juara 1, 2 maupun 3 tingkat propinsi maupun nasional di bidang olimpiade MIPA yang di selengggarakan oleh Kementerian Pendidikan Nasional di terima tanpa jalur tes.







B. KETENTUAN DAN SYARAT- SYARAT PENDAFTARAN
1.    Berusia paling tinggi 18 tahun pada tgl 12 Juli 2011
2.    Foto copy akte kelahiran / Surat Tanda Kenal Lahir / Surat Keterangan Kelahiran.
3.    Bagi siswa lulusan sebelum tahun 2010/2011 harus memberikan Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK), dan bebas Narkoba dari pihak yang berwenang, serta Surat Keterangan Tidak Sedang Bersekolah dari kelurahan setempat.
4.    Surat keterangan sehat  jasmani dari dokter.
5.    Foto copy Nilai Rapor SMP atau MTS Kelas VII s.d IX (semester 1 s.d semester 5) untuk pelajaran Matematika, IPA, IPS, Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris dengan rata-rata minimal 7,50,  yang di legalisir oleh kepala Sekolah.
6.    Foto copy sertifikat penghargaan bila ada
7.    Surat keterangan dari kepala Sekolah bahwa calon perserta didik sedang duduk di kelas IX .
8.    Surat pernyataan peserta didik (di sediakan panitia).
9.    Surat pernyataan orang tua peserta didik (di sediakan panitia).
10. Membayar uang pendaftaran sebesar Rp. 150.000,-
11. Mengisi dan menyerahkan formulir pendaftaran yang telah di sediakan.
12. Menyerahkan pas foto berwarna ukuran 3x4 = 2 lembar.
13. Berkas di masukkkan ke dalam stofmap folio berwarna biru dan diserahkan pada waktu pendaftaran.
Pendaftaran dilakukan langsung ke Sekretariat setiap hari jam 08.00 – 12.00 atau secara kolektif sekolah

C.  BEASISWA PESERTA DIDIK KELAS RSBI
SMA Negeri 2 Madiun memberikan beasiswa untuk kelas RSBI, bagi siswa yang tidak mampu..Beasiswa SMA Negeri 2 Madiun berasal dari dana APBN, BKSM maupun Komite. Adapun syarat-syarat penerima beasiswa adalah sebagai berikut :
1)    Siswa kelas RSBI SMA Negeri 2 Madiun,
2)    Orang tua tidak mampu secara ekonomi, dengan dibuktikan dengan surat keterangan tidak mampu dari kantor Kelurahan/ Desa yang disahkan kantor Kecamatan.
3)      Kesanggupan di survey di rumah oleh tim dari SMA Negeri 2 Madiun.







D. WAKTU REKRUTMEN PESERTA DIDIK BARU KELAS RSBI
NO
Kegiatan
Pelaksanaan
Hari, Tanggal
Jam
1.
Pendaftaran

28 April s/d 7 Mei 2011
08.00 – 12.00
2.
Seleksi Administrasi
Menyusul
08.00 – selesai
3.
Pengumuman hasil seleksi administrasi

7 Mei 2011
08.00 – 12.00
4.
Achievement test (Matematika, IPA, IPS, dan Bahasa Indonesia)
8 s/d 9 Mei 2011
08.00 – 10.00
5.
Tes Kemampuan Bahasa Inggris
Menyusul
10.00 – selesai
5.
Test psikologi (Psychotest)
Menyusul
08.00 – selesai
6.
Wawancara
Menyusul
08.00 – selesai
7.
Pengumuman hasil seleksi PPDB kelas RSBI
Menyusul
08.00 – selesai


















II. KELAS AKSELERASI

     A. TAHAP REKRUTMEN PESERTA DIDIK BARU
Tahap rekrutmen peserta didik baru kelas Akselerasi di SMA Negeri 2 Madiun dilaksanakan lebih awal daripada rekrutmen peserta didik baru kelas reguler
Hal ini dikarenakan rekrutmen peserta didik baru kelas Akselerasi memerlukan proses lebih lama dengan tahapan sebahai berikut:
a.    Seleksi Administrasi, meliputi:
1). Nilai Rapor SMP atau MTS Kelas VII s.d IX (semester 1 s.d semester 5) untuk pelajaran Matematika, IPA, IPS, Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris dengan rata-rata minimal 8,00.
2). Penghargaan Prestasi Akademik
3). Sertifikat dari Lembaga Kursus Bahasa Inggris
b.    Achievement test,  meliputi:
Matematika, IPA, IPS, dan Bahasa Indonesia dengan skor minimal dengan rentang 0 – 10
c.    Tes Kemampuan Bahasa Inggris meliputi:
Reading, Listening, Writing, dan Speaking dengan skor minimal 8 dengan rentang 0 – 10
d.    Lulus test psikologi (Psychotest) meliputi IQ, CQ, TC, dan Kepribadian
e.    Tes Wawancara dengan peserta didik  dan orang tua peserta didik.
f.     Lulus Sekolah Menengah Pertama dengan jumlah nilai UAN minimal  32

B. KETENTUAN DAN SYARAT- SYARAT PENDAFTARAN
1.    Berusia paling tinggi 18 tahun pada tgl 12 Juli 2011
2.    Foto copy akte kelahiran / Surat Tanda Kenal Lahir / Surat Keterangan Kelahiran.
3.    Bagi siswa lulusan sebelum tahun 2010/2011 harus memberikan Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK), dan bebas Narkoba dari pihak yang berwenang, serta Surat Keterangan Tidak Sedang Bersekolah dari kelurahan setempat.
4.    Surat keterangan sehat  jasmani dari dokter.
5.    Foto copy Nilai Rapor SMP atau MTS Kelas VII s.d IX untuk pelajaran Matematika, IPA, IPS, Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris dengan rata-rata minimal 8,00  yang di legalisir oleh kepala Sekolah.
6.    Foto copy sertifikat penghargaan bila ada
7.    Surat keterangan dari kepala Sekolah bahwa calon perserta didik sedang duduk di kelas IX .
8.    Surat pernyataan peserta didik (di sediakan panitia).
9.    Surat pernyataan orang tua peserta didik (di sediakan panitia).
10. Membayar uang pendaftaran sebesar Rp. 150.000,-
11. Mengisi dan menyerahkan formulir pendaftaran yang telah di sediakan.
12. Menyerahkan pas foto berwarna ukuran 3x4 = 2 lembar.
13. Berkas di masukkkan ke dalam stofmap folio berwarna biru dan diserahkan pada waktu pendaftaran.
Pendaftaran dilakukan langsung ke Sekretariat setiap hari jam 08.00 – 12.00 atau secara kolektif sekolah.


C. WAKTU REKRUTMEN PESERTA DIDIK BARU KELAS AKSELERASI

NO
Kegiatan
Pelaksanaan
Hari, Tanggal
Jam
1.
Pendaftaran

12 April s/d 16 April dan 23 April  2011
08.00 – 12.00
2.
Seleksi Administrasi
Menyusul
08.00 - selesai
3.
Pengumuman hasil seleksi administrasi

27 April 2011
08.00 – 12.00
4.
Achievement test (Matematika, IPA, IPS, dan Bahasa Indonesia)
29 April 2011
14.00 s/d Selesai
5.
Tes Kemampuan Bahasa Inggris
29 April 2011
14.00 s/d Selesai
5.
Test psikologi (Psychotest)
1 Mei 2011
08.00 – selesai




7.
Pengumuman hasil seleksi PPDB kelas Akselerasi
6 s/d 7 Mei 2011
08.00 – selesai













1 komentar: