Kamis, 05 Maret 2009

HARAPAN DAN KESEMPATAN

BRILLIANT COURSE

MENUJU PERBAIKAN KUALITAS DAN KUANTITAS

Pada dasarnya hampir semua bimbingan belajar mempunyai metode pengajaran yang sama. Tentunya perbedaan yang paling signifikan antara BRILLIANT COURSE dan LBB besar seperti PRIMAGAMA atau SSC adalah dari segi modal, fasilitas, sarana dan prasarana pengajaran serta tingkat kesejahteraan karyawan. Itu semua berkait erat dengan ketersediaan SDMM (Sumber Daya Manusia dan Modal). Bagaimanapun juga, mereka bisa seperti sekarang juga melalui proses yang panjang. Kita memulai dan merasakan apa yang dulu mereka mulai dan rasakan. Manfaat yang bisa kita ambil dari LBB - LBB besar adalah kita bisa belajar banyak dari meraka. Diharapkan kedepannya BRILLIANT COURSE bisa terus mengembangkan diri dan menjadi tempat pengembangan kualitas kita semua.
Pada titik atau kondisi seperti sekarang ini, BC mampu untuk bertahan hidup, akan tetapi juga bukan pilihan yang terbaik jika kita hanya puas bisa untuk sekedar bertahan hidup. BC diharapkan terus maju dan berinovasi sehingga bisa memenuhi harapan bukan hanya pemilik tapi juga anggotannya. Harapan yang kita inginkan bisa terpenuhi oleh BC adalah :
• BC bisa menjadi salah satu sumber pendapatan yang mencukupi kebutuhan kita (motivasi ekonomi)
• BC bisa menjadi tempat kita mengembangkan kemampuan mengajar, berorganisasi, menejemen (motivasi intelektual)
• BC bisa menjadi lembaga yang mapan secara ekonomi dan intelektual seperti SSC dan PRIMAGAMA
Harapan – harapan diatas bukan suatu hal yang mustahil bila kita bisa saling bekerjasama dan merasa ikut bertanggung jawab akan nasib BC. Dalam perjalanannya dari awal sampai sekarang BC telah mencapai banyak kemajuan baik dari segi kualitas maupun kuantitas. BC diawali dengan murid sejumlah 8 siswa dengan pengajar 2 orang sampai sekarang dengan muridnya yang berjumlah 50-an siswa dengan pengajar 8 orang dalam jangka waktu yang tidak begitu lama merupakan kemajuan yang bisa kita sukuri. Hal tersebut hendaknya bisa membuat kita lebih termotivasi untuk bisa berkarya lebih baik lagi bukan hanya sebagai titik kepuasan.
“Banyak jalan menuju Roma” kata pepatah, begitu pula BC. Banyak jalan agar BC bisa lebih baik dari sekarang. Aspek – aspek yang bisa kita gali dan tingkatkan diantaranya adalah :
• Meningkatkan pelayan kita pada konsumen (siswa )
• Meningkatkan komunikasi dengan orang tua siswa
• Mempererat hubungan pengajar dan siswa, antar rekan pengajar (sebidang studi ataupun lain bidang studi) serta pengajar dengan menejemen
• Menumbuhkan sikap keterbukaan antar pengajar maupun dengan menejemen
• Membiasakan aktifitas saling belajar dan saling memperbaiki antar pengajar


A. Meningkatkan pelayan kita pada konsumen (siswa )

Siswa adalah konsumen dan konsumen adalah raja. BC dituntut untuk bisa membuat siswa merasa senang dan puas akan pelayanan kita. Di sini pengajar bukan hanya sekedar mentransfer ilmu tapi juga sebagai teman belajar bagi mereka.
• Terapkan 3 S (Senyum, Sapa, Salam). Minimal tahu nama siswa
• Tanyakan kabar dan kondisi mereka (ajak mengobrol)/ berikan perhatian
• Ajak mereka berdiskusi tentang pelajaran ataupun yang lain
• Tanyakan PR atau kesulitan pelajaran baik siswa yang diajar maupun bukan
• Tawarkan jam tambahan GRATIS (khususnya kalau ada ulangan)
• Ketersediaan dan kesiapan modul atau materi ajar yang berkualitas

B. Meningkatkan komunikasi dengan orang tua siswa

Orang tua siswa adalah indikator penting untuk mengetahui tingkat kepuasan siswa. Komunikasikan perkembangan siswa (kemajuan dan kekurangan) pada orang tua atau pada menejemen supaya bisa kita cari penyebab dan penyelesaian dari masalah siswa. Diharapkan BC bisa membuat laporan perkembangan siswa selama belajar di BC (secara berkala semacam rapot)

C. Mempererat hubungan pengajar dan siswa, antar rekan pengajar (sebidang studi ataupun lain bidang studi) serta pengajar dengan menjemen

Bagian pertama sudah disinggung pada poin A. Persamaan visi dan misi kita semua adalah bagian terpenting dari BC. Diharapkan hubungan antar rekan pengajar (sebidang studi ataupun lain bidang studi) pengajar dengan menjemen lebih ditingkatkan:
• Saling bertukar ilmu (trik) dan pengalaman mengajar
• Mengadakan pertemuan khusus(Sharing) pengajar sesama bidang studi
• Mengadakan pertemuan khusus(Sharing) umum
• Berkomunikasi tentang masalah dan kesulitan dengan menejemen
• Lebih terbuka dalam menyampaikan ide dan gagasan untuk kemajuan BC

D. Membiasakan aktifitas saling belajar dan saling memperbaiki antar pengajar

Untuk lebih meningkatkan kualitas belajar dan pengajaran di BC akan diadakan program asistensi yaitu pengajar ikut ambil bagian di kelas sebagai pengamat dan membuat laporan proses KBM pada pengajar lain. Ini bukan dimaksudkan untuk menilai kekurangan dan kelemahan pengajar lain tapi diharapkan bisa saling belajar.




October, 2006
By
SUNU

Tidak ada komentar:

Posting Komentar